Analisis Pengaruh Laba Akuntansi, Laba Tunai, Dan Likuiditas Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)

Authors

  • Cici Seliana Siregar

Keywords:

Laba Akuntansi, Laba Tunai, Likuiditas, Dividen Kas

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah laba akuntansi, laba tunai, dan likuiditas berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap dividen kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara  laba akuntansi, laba tunai, dan likuiditas terhadap dividen kas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2010 sebanyak 134 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling diperoleh 44 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Sumber data data dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id. Metode analisis data penelitian adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas, dengan tingkat signifikansi 0,005 < 0.05. Laba tunai secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap dividen kas, dengan nilai signifikan 0,404 > 0,05. Likuiditas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap dividen kas, dengan nilai signifikan 0,870 > 0,05. Laba akuntansi, laba tunai dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap dividen kas, dengan tingkat signifikansi 0,031 < 0,05. Dan Adjusted R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,066. Hal ini berarti bahwa hanya 6,6% perubahan dalam variabel dividen kas dapat dijelaskan oleh dari variasi variabel laba akuntansi, laba tunai, dan likuiditas. Sedangkkan sisanya sebesar 93,4%  (100-6,6) dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar penelitian ini. Kesimpulan penelitian adalah diketahui bahwa laba akuntansi bepengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas. Laba tunai dan likuiditas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap dividen kas. Laba akuntansi, laba tunai dan likuiditas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Siregar, C. S. . (2021). Analisis Pengaruh Laba Akuntansi, Laba Tunai, Dan Likuiditas Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Journal Economy and Currency Study (JECS), 1(2), 27-34. Retrieved from https://pusdikra-publishing.com/index.php/jecs/article/view/98

Issue

Section

Articles