Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dharmawangsa)

Authors

  • Fandi Iskandar Sopang

DOI:

https://doi.org/10.51178/jecs.v3i2.291

Keywords:

Konsumen, Pengambilan Keputusan, Pembelian Mie Instan

Abstract

Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin digemari mahasiswa karena harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama. Banyaknya merk mie instan yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Penelitian bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli produk mie instan merek Indomie dan (2) untuk mengetahui di antara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa untuk membeli produk mie instan merek Indomie. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan sampel sebanyak 40 mahasiswa didapatkan hasil sebagai berikut: Dari hasil analisis didapatkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie dan variabel psikologis mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merk Indomie.

Downloads

Published

2021-11-09

How to Cite

Sopang, F. I. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dharmawangsa). Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(2), 24-36. https://doi.org/10.51178/jecs.v3i2.291

Issue

Section

Articles