Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart APP Creator 3 Dalam Mata Pelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2128Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Smart App CreatorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif berbasis Android menggunakan Smart App Creator 3 pada mata pelajaran Biologi di SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh. Proses pembelajaran yang interaktif dan menarik sangat penting untuk meningkatkan minat belajar siswa, terutama dalam konteks pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga ahli, yang menunjukkan nilai validitas rata-rata sebesar 0,97, menunjukkan bahwa media tersebut valid dan dapat digunakan. Uji praktikalitas melibatkan guru dan siswa, dengan hasil menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Uji efektivitas dilakukan menggunakan rumus Richard R. Hake (G-Score), menghasilkan nilai rata-rata G sebesar 0,81, yang menunjukkan efektivitas tinggi media pembelajaran yang dirancang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan proses pembelajaran Biologi yang lebih efektif dan menarik bagi siswa, serta mendukung penggunaan teknologi dalam pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Education Achievement: Journal of Science and Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.