Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Prloblem Based Learning Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 067090 Kecamatan Medan Kota
DOI:
https://doi.org/10.51178/invention.v4i3.1632Keywords:
Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik Kayanya Negeriku.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan bahan ajar berbasis Problem based learning pada tema Kayanya negeriku di kelas IV SD,(2) Mendeskripsikan Kelayakan bahan ajar berbasis problem based learning yang akan dikembangkan pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD (3) mengetahui Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis PBL pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup Lima tahap yaitu: analysis (analisi), Design (Desain), Development, (Pengembangan), Implemention (implementasi dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah bahan ajar). Instrument yang digunakam untuk pengumpulan data adalah angket atau kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi , ahli dosen bahan ajar dan tanggapan guru. Hasil Validasi oleh ahli materi yaitu, 86,6% t termasuk kategori Sangat baik/layak. Hasil Validasi oleh ahli desain bahan ajar yaitu 90,7 % termasuk kategori Sangat baik /sangat layak. Hasil validasi tanggapan guru kelas yaitu 95% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Sedangkan untuk respon siwa 87,5 termasuk sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil persentase dari ahli materi, ahli ahli desain bahan ,tanggapan guru dan respon siswa tersebut kemudian dihitung rata rata nya diperoleh hasil 84,24 termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Invention: Journal Research and Education Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.