Upaya Peningkatan Minta Belajar Fikih Melalui Metode Role Playing Di Kelas VII MTS Yaspen Muslim Desa Pematang Tengah
Keywords:
Metode Role Playing, Minat Belajar FiqihAbstract
Permasalah pada penelitian ini yaitu saat proses belajar masih belum menerapkan metode yang mendukung agar siswa aktif, sebab guru meminta siswa membuka buku paket untuk mendengarkan penjelasan dari guru dalam memberikan materi pelajaran fikih. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek atau sampel penelitian berjumlah 35 orang siswa. Metode penelitian dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik Analisis data digunakan pengolaan data dalam menganalisa hasil tes dengan bentuk model siklus penelitian. Hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran role playing pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan sebesar 60 % dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85 %. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 87 (30 siswa) dengan persentase ketuntasan 100% dengan selisih peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 20%. Dengan demikian siklus II mengalami peningkatan signifikan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Setiap siswa memiliki keunikan sendiri, hendaknya guru mampu menyampaikan materi dari berbagai segi, sehingga siswa dapat memaksimalkan kemampuannya dan menerima pelajaran dengan baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khazanah : Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.