Desain Pembelajaran KPK Dan FPB Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di SD

Authors

  • Siti Mahdawani Ahmad Sukri Nasution

DOI:

https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.336

Keywords:

Desain Pembelajaran Matematika, Berbasis Masalah, Pengembangan Model ADDIE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Desain Pembelajaran KPK dan FPB Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian dilakukan pada SD Negeri 060939 JL.Turi Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, kota Medan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R & D), Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Akan tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahapan saja yaitu Analysis, Design, dan Develoment, karena penelitian ini dilakukan dimasa pandemi covid 19. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: Pertama tahap Analysis yaitu peneliti menganalisis masalah apa yang melatar belakangi munculnya desain pembelajaran, seperti analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. kedua Tahap Design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, metode dan model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran sesuai model yang dipilih, dan instrumen penilaian. Ketiga tahap Development yaitu melakuakan pembuatan desain pembelajaran berupa RPP yang sesuai dengan struktur model pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil dari penelitian ini adalah Desain Pembelajaran KPK dan FPB Melalui Berbasis Masalah Berupa RPP. Berdasarkan hasil penelitian dengan skor 89,01% dan simpulan, maka saran dan rekomendasainya RPP ini dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD materi KPK dan FPB melalui pembelajaran Berbasis Masalah.

Downloads

Published

2021-12-18

Issue

Section

Articles