Pengembangan Media Pembelajaran PPT Interaktif Berbasis Edu Games Wordwall Materi Pancaindra Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Riski Diah Nurpeni Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yusni Arni Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Intan Juliani Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Adelia Putri Anandha Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2224

Keywords:

Research and Development, PPT Interaktif Berbasis Edu Games Wordwall, Hasil Belajar

Abstract

Dengan kemajuan teknologi di bidang pendidikan, ada peluang baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah media PowerPoint interaktif yang menggunakan Wordwall, sebuah game edukasi. Untuk siswa di kelas IV di SD Negri 50 PalembangTujuan penelitian ini adalah untuk membuat media PowerPoint interaktif yang berfokus pada materi pancaindra dengan wordwall. Dalam penelitian ini, metode Model pengembangan ADDIE digunakan untuk penelitian dan pengembangan (R&D), yang menjelaskan analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengujian produk terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edu Ganes PowerPoint interaktif dan Wordwall dapat meningkatkan pemahaman pancaindra siswa secara signifikan. Media ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakan. Oleh karena itu, game edukasi berbasis PowerPoint dan Wordwall dapat digunakan sebagai alternatif yang bagus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS, terutama materi pancaindra. Studi ini menyarankan penggunaan PowerPoint dan Wordwall sebagai alat bantu pembelajaran yang kreatif dan interaktif.

Downloads

Published

2024-12-05

Issue

Section

Articles