Perancangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Aplikasi Animiz Animaker Pada Kelas VII di SMPN 1 Padang Gelugur Pasaman Timur

Authors

  • Khodijatul Kubro Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2169

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Animiz Animaker

Abstract

Kesulitan yang ada di SMPN 1 Padang Gelugur, dimana penggunaan media pembelajaran masih jarang dilakukan, menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Definisi media yang menyatakan bahwa media adalah alat yang digunakan untuk melibatkan pikiran, perasaan, dan perhatian siswa dalam belajar, memperjelas fungsi penting media pembelajaran bagi siswa. Mempermudah pembelajaran bagi pengajar dan siswa merupakan tujuan dari penelitian penulis yang berjudul Rancang Bangun Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Aplikasi Animiz Animaker di Kelas VII SMPN 1 Padang Gelugur Pasaman Timur. Pendekatan penelitian Research and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model pengembangan Decide, Design, Develop, Evaluate, atau DDD-E. Penelitian Animiz Animaker memberikan hasil yang sangat valid untuk nilai validitas media pembelajaran informatika dengan rata-rata 0,82. Uji kepraktisan terhadap tiga orang guru menghasilkan nilai kategori sangat tinggi yaitu 0,92, namun uji keefektifan menghasilkan nilai rata-rata. Guru dan siswa dapat memperlancar proses pembelajaran informatika dengan memanfaatkan media pembelajaran informatika Animiz Animaker yang memiliki nilai rata-rata 0,82.

Downloads

Published

2024-11-21

Issue

Section

Articles