Perancangan Game Edukasi Untuk Pembelajaran PAI Menggunakan Scratch di SMPN 1 Padang Gelugur
DOI:
https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2163Keywords:
Perancangan, Game Edukasi, ScratchAbstract
Penelitian ini didasari pada masalahan yang ditemukan oleh peneliti selama observasi dan melakukan wawancara dengan guru PAI dan siswa yang berada di kelas VII di SMPN 1 Padang Gelugur. dalam situasi dimana alat dan media yang digunakan guru masih sangat sederhana seperti spidol dan papantulis. Siswa sering merasa bosan karena guru banyak menggunakan pendekatan ceramah dalam pembelajaran mereka.berdasarkan masalah di atas, penulis ingin membuat game pedidikan yang dapat memaksimalkan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Metode Research & Development model 4D digunakan dalam penelitian ini. Define, desain, pengembangan dan penyebara dalah komponen model 4D. Hasil uji penulis menunjukkan bahwa empat penguji media dengan kriteria sangat valid mendapatkan rata-rata 0,93, tiga penguji praktikalitas dengan kriteria sangat tinggi mendapatkan rata-rata 0,94, dan hasil uji coba efektifitas dengan siswa sebanyak dua puluh siswa dengan kriteria sangat tinggi mendapatkan rata-rata 0,88. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa game edukasi yang dirancang oleh penulis akan bermanfaat bagi siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Education Achievement: Journal of Science and Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.