Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan Melalui Model Direct Instruction Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII-B MTS Negeri 2 Pidie Jaya

Authors

  • Nilawati Nilawati MTs Negeri 2 Pidie Jaya

DOI:

https://doi.org/10.51178/cjerss.v3i4.1207

Keywords:

IPA, Kualitas, Direct Instruction Dengan Media Audiovisual

Abstract

Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di Kelas VII-B MTs Negeri 2 Pidie Jaya  ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran IPA yaitu keterampilan guru belum optimal dalam melakukan inovasi pembelajaran, keaktifan siswa rendah, dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 27%. Penerapan model Direct Instruction dengan media Audiovisual diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa Kelas VII-B MTs Negeri 2 Pidie Jaya?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui Model Direct Instruction (DI) dengan media Audiovisual pada siswa Kelas VII-B MTs Negeri 2 Pidie Jaya. Penelitian   tindakan   kelas   ini   terdiri   atas   empat   tahapan   yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa Kelas VII-B MTs Negeri 2 Pidie Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes berupa observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui keterampilan guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data terdiri atas analisis data kualitatif, dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian diketahui keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 42 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 49 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa  pada siklus I memperoleh skor 11,68 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 16,41 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan  klasikal  sebesar  45%,  siklus II  mengalami ketuntasan 95%.

Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui model Direct Instruction dengan  media  Audiovisual  dapat  meningkatkan  keterampilan  guru,  aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa Kelas VII-B MTs Negeri 2 Pidie Jaya Kecamatan Meureudu. Saran bagi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan penelitian ini juga dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran lainnya.

Downloads

Published

2022-10-26

Issue

Section

Articles